Secret of Bill Gates

PERTAMA
------------------------------------------------

Di Negara India seseorang menemukan kenehan pada Seluruh System Operasi Buatan Microsoft (NT, XP, Win 95,96,97,98, Win ME, Mungkin Vista Sekalipun). Caranya buat Folder dan beri nama Folder tersebut dengan nama CON, apakah Anda bisa? Aneh, bukan?
Ada beberapa keanehan windows yang mungkin belum anda ketahui...
Untuk di artikel bagian 1 ini saya akan membahas mengenai membuat folder dengan nama
- CON
- NUL
- PRN
- AUX
- LPT1, LPT2, LPT3, s/d LPT9
- COM1, COM2, COM3, s/d COM9
Nama-nama di atas merupakan Special System Variables


Kalo gak percaya silahkan coba membuat folder dengan nama-nama di atas...!!!
Hasilnya pasti nihil jika menggunakan cara biasa...

Ada trik khusus untuk membuat folder dengan nama-nama di atas.

1. Buka command prompt (Start - Run - ketik "cmd" - )
2. masuk ke drive yang akan anda buatkan folder dengan nama-nama di atas. misal pada command prompt ketikkan d: --> jika ingin membuat pada drive D:
3. ketikkan perintah: mkdir .\Nama.\ --> mkdir merupakan perintah membuat suatu folder

misal:
mkdir .\CON.\
mkdir .\NUL.\

Folder yang telah dibuat dengan nama-nama di atas tidak akan dapat dihapus manual maupun tidak dapat diganti atributnya. untuk menghapusnya juga menggunakan command prompt.

Begini caranya:
rmdir .\Nama.\ --> rmdir merupakan perintah untuk remove suatu folder

misal anda telah membuat folder dengan nama CON pada drive D, maka untuk menghapusnya, anda masuklah dulu pada drive itu melalui command prompt. ketik d: kemudian ketik perintah remove directory yaitu rmdir .\CON.\

Mengapa nama-nama tersebut di atas tidak bisa dipakai untuk suatu folder?

Jika OS anda windows, pembuatan nama folder dan special system variables pada windows berdiri berdampingan, oleh karena itu ketika anda membuat folder dengan nama-nama special system variables tersebut akan dianggap folder tersebut sudah ada, sehingga penamaan di anggap nihil/nol.

Apa maksud dari tiap-tiap nama special system variables tersebut:

MARI KITA BAHAS BERSAMA:
- CON artinya adalah Consol
- COM1 artinya adalah serial port 1
- LPT1 artinya adalah parallel port 1



KEDUA
------------------------------------------------

Pernahkan Anda dengar Notepad? Bukalah Notepad Anda biasanya terletak pada menu > Start>Programs> Accessoris> Notepad, lalu ketik Bush hid the facts kemudian simpan Notepad tersebut lalu bukalah kembali file tersebut. Apa yang Anda lihat? Keren atau aneh?
Pernah Membuat kalimat dengan kombinasi karakter pola 4-3-3-5 pada notepad...? Klo belum, monggo dicoba...

misal tulis Kalimat berikut pada notepad "Bush hid the facts" atau "Saya kok gak lapar" (tanpa tanda petik). Kemudian simpanlah dalam bentuk .txt dan tutuplah notepad tsb. Kemudian bukalah kembali simpanan notepad yang baru saja anda tulis. Apakah yang terjadi? Aneh atau Kerenkah?
Kalimat yang anda tulis berubah menjadi ||||||||| kotak-kotak kan? hahaha...itulah rahasia dan keanehan OS Windows.

Tapi jika anda membukanya menggunakan wordpad, kalimat tetap dibaca murni oleh wordpad. kalimat utuh ditampilkan sesuai yang anda ketikkan.

Ternyata tidak hanya kombinasi pola 4-3-3-5 saja yang mengalami keanehan. Pola 8-5-3-5 ternyata juga mengalami hal yang sama. Bukalah Notepad baru dan silahkan dicoba dengan mengetikkan kalimat seperti "andaikan semua hal ajaib" atau kalimat lainnya juga boleh asal pola karakternya 8-5-3-5. Pasti hasilnya juga sama |||||||||||| kotak-kotak juga kan?

Jika anda tidak membuka notepad baru/jika anda mengedit kalimat pola 4-3-3-5 atau 8-5-3-5 yang telah disave, maka pola kalimat tersebut tidak akan berubah atau tidak berfungsi. Maka saat anda akan mengetikkan kalimat baru, haruslah dengan membuka notepad baru.

Mengapa bisa seperti itu?

Ketika kalimat "bush hid the facts" atau "andaikan semua hal ajaib" (atau kalimat apapun asalkan pola karakternya 4-3-3-5 atau 8-5-3-5) disimpan ke dalam sebuah file, notepad menyimpan tanpa masalah. Bisa dibuktikan dengan membuka file tersebut dengan editor lain, seperti wordpad, Kalimat yang diketikkan tampil sempurna pada wordpad.
Akan tetapi masalah baru muncul waktu file tsb dibuka melalui notepad itu sendiri. Sebelum membuka file itu, notepad berusaha ngedeteksi encoding yg digunakan. Ternyata algoritma deteksi ini keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter atau 8-5-3-5 karakter, sehingga membentuk kode ASCII tertentu. Akibatnya file yg disimpan dalam encoding ANSI tsb malah dibuka dalam encoding UTF-16.



KETIGA
------------------------------------------------
Ini yang lebih parah, bahkan seluruh team Bill Gates tidak ada yang mengetahuinya, bahkan Bill gates sekalipun. Sumber lain mengatakan ini adalah rahasia Bill Gates sendiri dalam mencintai produknya. Caranya, Bukalah Microsoft Word apa saja (Word 97,XP,2000,2003 atau 2007) lalu ketik =rand (200, 99) kemudian tekan Enter. WOW!
Note : Angka (200,99) bisa diganti angka lain…
MARI KITA BAHAS BERSAMA
Jika anda mengetikkan =rand(200,9), maka akan keluar paragraf sebanyak 200 paragraf dan ditiap paragrafnya terdapat 9 kalimat. jadi itulah maksud dari angka-angka yang ada didalam kurung tsb.
- rand berarti random
- angka pertama adalah jumlah paragraf
- angka kedua adalah jumlah kalimat ditiap paragrafnya


Coba ketikkan "=rand(20,9)" (ingat!!tanpa tanda petik ya...) kemudian enter. Maka yang terjadi adalah tercipta dokumen dengan jumlah 20 paragraf dimana ditiap kalimatnya selalu sama ditiap paragrafnya.

Coba ketikkan "=rand(20,7)". Apa yang terjadi? Yang terjadi adalah kalimat ditiap 9 paragrafnya tidak ada yang sama. Jadi untuk paragraf ke-10 akan mengulangi seperti paragraf pertama lagi.
Paragraf ke-10 akan sama dengan paragraf ke-1
Paragraf ke-11 akan sama dengan paragraf ke-2
Paragraf ke-12 akan sama dengan paragraf ke-3
Paragraf ke-13 akan sama dengan paragraf ke-4
Paragraf ke-14 akan sama dengan paragraf ke-5
Paragraf ke-15 akan sama dengan paragraf ke-6
Paragraf ke-16 akan sama dengan paragraf ke-7
Paragraf ke-17 akan sama dengan paragraf ke-8
Paragraf ke-18 akan sama dengan paragraf ke-9
dan paragraf ke-19 dst akan mengulang lagi dari paragraf ke-1
Begitu seterusnya sesuai jumlah paragraf yang diinputkan user.

KESIMPULANNYA:
Jumlah kalimat maksimal dari perintah =rand() adalah 9 kalimat agar tercetak kalimat yang sama ditiap paragrafnya. jika kurang dari 9, maka untuk paragraf berikutnya akan melanjutkan kalimat yang belum dicetak. Terus diulang sampai 9 paragraf, kemudian kalimat akan kembali seperti paragraf awal. dan terus diulang-ulang sebanyak jumlah angka pertama yang diinputkan oleh user.

Mengapa bisa seperti itu?

Trik pada Microsoft Office Word ini oleh kebanyakan programmer disebut dengan EASTER EGG.
Hal yang lumrah kalo seorang programmer menyisipkan hal-hal yang aneh didalam software buatannya. Hal-hal inilah yang dilakukan oleh programmer pembuat MS.Word. Hal-hal yang disembunyikannya dapat diakses melalui trik-trik tertentu. Itulah yang disebut EASTER EGG yang merupakan suatu trik untuk menemukan hal-hal yang disembunyikan programmer dalam software buatannya.
Trik =rand() di Ms. Word merupakan salah satu dari EASTER EGG.

ANEH JUGA YA WINDOWS-NYA MR. BILL GATES...
TAPI SERU JUGA MENELITINYA...!!!
DAN MUNGKIN MASIH BANYAK KEANUHAN KEANEHAN YANG LAINNYA....

0 nu Babacot:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Editing by Hasil Kopas - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons