Cara Memproteksi Flashdisk

Seperti yang diketahui bersama kalo penyebaran virus pada komputer melalui banyak cara, salah satunya adalah melalui media transfer data yaitu flashdisk.

Mari kita menjaga agar flashdisk kita tidak mudah terserang virus. Ya tentunya dengan antivirus itu yang paling aman. Tapi apa salahnya kalo kita berusaha meminimalisir terserangnya virus pada flashdisk kita.

MARI KITA BAHAS BERSAMA:

* Langkah pertama adalah dengan mematikan sistem AutoPlay pada komputer kita. Caranya adalah:
o Run
o ketikkan: gpedit.msc
o Anda akan memasuki area Group Policy
o Kemudian masuklah pada: Computer Configuration - Administrative Templates - System
o Double Klik pada Turn off Autoplay
o Pilih Enabled
o Pada Turn of Autoplay on: All drives
o Kemudian Apply dan OK

* Jangan sekali-kali membuka flashdisk melalui windows explorer bagian kanan. bukalan flashdiskmelalui bagian kiri windows explorer yaitu yang berupa tree. Karena jika flashdisk telahterserang virus, dan virus tersebut telah membuat autorun-nya sendiri pada flashdisk kita, maka saat kita membuka flashdisk melalui bagian kanan windows explorer, maka menyebarlah virus tersebut pada komputer kita.

* Kita buat sistem keamanan pada flashdisk kita agar dapat kita ketahui saat flashdisk kitakemasukan virus. Dengan cara membuat sistem autorun pada flashdisk kita:

============= Ketikkan Kode berikut: ===============
[Autorun]
Label=DHAFIQ-SAN
Open=shutdown.bat
Icon=Biohazard.ico
Shellexecute=shutdown.bat
Shell\auto\command=shutdown.bat
Shell=auto
================================================

Simpan dengan nama: Autorun.inf

Kegunaannya:

* Label digunakan untuk nama pada flashdisk kita. Sehingga tak ada orang lain yang bisa mengubah nama flashdisk kita secara manual.
* Icon adalah nama icon pada flashdisk kita, letakkan icon Biohazard.ico pada flashdisk kita sebagai logo pada flashdisk. Karena kebanyakan virus adalah mengubah sistem autorun pada flashdisk, sehingga saat autorun diubah oleh virus, makapada flashdisk akan berubah. Dari sinilah kita akan mengetahui bahwa flashdisk kita telah terserang virus. Sehingga kita bisa lebih berhati-hati saat memasukkan flashdiskpada komputer.
* Open=shutdown.bat adalah berfungsi menjalankan shutdown.bat pada saat flashdisk dibukamelalui bagian kanan windows explorer, sehingga komputer akan men-shutdown. (hanya untuk sekedar iseng aja, agar orang-orang tidak terbiasa membuka flashdisk melalui bagian kanan windows explorer).

Sekedar informasi... untuk membuat fungsi shutdown adalah ketikkan kode berikut pada notepad: shutdown -s -t 60 -c "komentar anda"
kemudian simpan dengan ekstensi .bat. Maka saat flashdisk dibuka melalui bagian kanan windows explorer, maka komputer akan shutdown dalam 60 detik.

Saat membuka flashdisk jangan melalui kolom kanan Windows Explorer seperti ini:

Lebih baik seperti ini:

DENGAN MENGIKUTI LANGKAH-LANGKAH ANTISIPASI DI ATAS... MUDAH-MUDAHAN KOMPUTER ANDA TERBEBAS DARI PENYEBARAN DAN SERANGAN VIRUS-VIRUS.

0 nu Babacot:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Editing by Hasil Kopas - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons