Cara Meng-Instal Windows XP dari Flashdisk

Cara termudah ditempuh untuk mendapatkan sesuatu yang lebih gampang, salah satunya yaitu instalasi Windows XP lewat USB flashdisk.

install-windows-xp-dari-usb-flashdisk

Berbeda dengan penerus-penerusnya seperti Windows Vista dan Windows 7, instalasi Windows XP melalui flashdisk diperlukan software-software khusus yang memang dikhususkan untuk hal ini.

Tanpa perlu basa-basi panjang lagi, mari kita bahas bersama mengenai instalasi Windows XP melalui USB Flashdisk ini. Hal pertama yang diperlukan adalah harus mempunyai flashdisk minimal 1 GB, dan software Windows XP.

  1. Disini kita menggunakan Software utility WinToFlash yang dapat anda download dari internet.
  2. wintoflash-portable-idws

  3. Ekstrak menggunakan Winrar atau ekstraktor lainnya.
  4. Buka WinToFlash.exe dalam folder ekstrak tadi, ada pemberitahuan klik “Accept“.
  5. wintoflash-download-full

  6. Klik tanda centang berwarna hijau lalu klik “Next“. Pada pilihan pertama, pilih sumber atau tempat dimana anda meletakkan folder instalasi Windows misalnya di partisi D:\Windows XP. Pada pilihan kedua pilih destination atau tujuan instalasi (flashdisk).
  7. usb-installer-xp

  8. Klik “Next“, ada peringatan flashdisk akan diformat, klik “Yes” tanda setuju.
  9. Tunggu sebentar, kurang lebih 15 menit. File instalasi akan ditransfer ke flashdisk.
  10. Klik “OK“, lalu “Exit“.
  11. Sekarang, flashdisk siap digunakan untuk instalasi Windows.

Langkah-Langkah Instalasi Windows :

  1. Colokkan flashdisk, lalu set BIOS agar dapat booting dari flashdisk. Caranya?, Disini saya menggunakan Acer Aspire One, jadi langkahnya pada saat keluar tampilan BIOS, tekan tombol f12, otomatis akan ada pilihan booting yaitu dari USB Flashdisk atau Hardisk. Pilih “USB Flashdisk“. Untuk lainnya, tergantung versi BIOS yang digunakan.
  2. Akan muncul 2 langkah yang harus dikerjakan, pilih pilihan pertama yaitu “Text Mode Setup (Boot From Flash again after finished)“. Selanjutnya install Windows seperti biasanya.
  3. windows-xp-usb-flashdisk

  4. Jika langkah pertama telah selesai, flashdisk jangan dulu dicabut, booting kembali dari flashdisk, lalu pilih dan lanjutkan langkah kedua “GUI Mode Setup, ….“.
  5. Tunggu sampai selesai.
Proses instalasi Windows XP ini akan memakan waktu sangat lama, tergantung kecepatan prosesor dan hardisk yang anda miliki.

0 nu Babacot:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Editing by Hasil Kopas - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons